Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Mengatasi Rasa Takut Yang Berlebihan Atau Mental Block



5 Tips Mengatasi Rasa Takut Yang Berlebihan Atau Mental Block


Pernahkan anda merasakan gerogi, takut, khawatir, atau gelisah yang membuat jantung Anda berdetak kencang ketika Anda akan melakukan sesuatu?.

Ya, perasaan tersebut sering kali muncul, yang menyebabkan Anda menjadi ragu-ragu saat akan melakukan sesuatu, padahal sebelumnya anda sangat percaya diri dan yakin bahwa anda dapat melakukannya dengan baik.

Tapi kenapa ya tiba-tiba begitu akan melakukan sesuatu, perasaan khawatir tersebut muncul? Nah perasaan khawatir, gerogi, takut, dan gelisah tersebutlah yang dinamakan dengan mental block.  

Mental block adalah sebuah bayangan-bayangan ketakutan yang hanya ada di dalam pikiran Anda yang sebenarnya belum tentu terjadi pada diri Anda.

Mental block ini adalah suatu penyakit yang dapat menghambat anda untuk melakukan sesuatu, misalnya Anda akan presentasi di sekolah, di kampus, di kantor, atau dengan client Anda.

Nah, mental block ini biasa muncul beberapa saat sebelum Anda akan melakukan presentasi tersebut, bayangan-bayangan ketakukan akan muncul dipikiran anda, misalnya anda belum siap lah, akan ditertawakan orang lain, ditolak client dan hal-hal lainnya yang menyebabkan anda ragu-ragu dalam mengambil keputusan.

Kalau Anda tidak bisa mengalahkan mental block Anda, coba tebak apa yang akan terjadi?

Kalau anda pelajar atau mahasiswa jika Anda disuruh guru atau dosen anda untuk presentasi kemudian Anda menolaknya karena takut salah, malu dengan teman dan lainnya, akibatnya Anda tidak akan mendapatkan nilai dari pelajaran tersebut.

Nah kalau anda seorang yang pekerja profesional, jika Anda memiliki mental block saat akan bertemu dengan client yang menyebabkan anda ragu-ragu, maka Anda akan kehilangan job Anda.

Walaupun tidak terlihat, tapi mental block ini sangat berbahaya bagi Anda, dan hal-hal tadi hanyalah contoh kecil saja, bayangkan jika Anda tidak dapat mengalahkan mental block Anda untuk sesuatu hal yang jauh lebih besar lagi, kemungkinan besar Anda akan mengalami suatu kegagalan yang besar pula, dan sering kali mental block ini menjadi salah satu penyebab orang lain gagal dalam meraih kesuksesan.

Hati-hati dengan pikiran, Anda harus dapat menguasainya, jangan sampai kesempatan dan peluang-peluang yang besar itu hilang begitu saja karena anda memiliki mental block.

Nah lalu gimana sih caranya mengatasi mental block ini, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, jadi simak baik-baik dalam penjelasan berikut ini.

Jika Anda akan melakukan sesuatu, pastikan Anda benar-benar siap, baik secara fisik maupun mental, karena faktor ini juga berpengaruh terhadap mental block.

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan, pertama adalah temukan angker Anda. Apa itu angker? Angker adalah suatu hal yang dapat membuat anda menjadi percaya diri secara instan, suatu hal yang dapat membuat anda menjadi lebih bergairah setelah melakukannya.

Misalnya mendengarkan musik tertentu, bernyanyi, tertawa, main game dan lainnya. Nah saya mempunyai angker pada musik reymey kitaro yang ketika saya mendengarkan sambil menghayati musik tersebut, saya menjadi lebih bergairah dan menjadi lebih semangat sehingga saya bisa mengalahkan mental block saya saat akan melakukan sesuatu.

Nah temukan angker anda, apapun itu hal-hal positif yang dapat membuat Anda menjadi percaya diri secara instan, sehingga anda dapat mengalahkan mental block Anda.

Kemudian, cara lain adalah tenangkan diri Anda dengan cara menarik napas yang dalam, tahan beberapa detik, dan buang secara perlahan-lahan. Lakukan berulang-ulang sampai anda merasa tenang dan detakan jantung anda menjadi normal kembali.

Berikutnya adalah hilangkan bayangan ketakutan dalam diri Anda, dengan cara membayangkan Anda benar-benar berhasil melakukan hal tersebut dengan baik, dan anda mendapatkan sesuatu yang Anda inginkan dari hal tersebut.

Bayangkan dengan sangat jelas, dan rasakan sensasi yang anda bayangkan tadi.

Bayangkan anda dipuji banyak orang, diberikan nilai yang bagus oleh guru atau dosen, anda mendapatkan job yang besar, anda mendapatkan uang yang banyak, bayangkan dan rasakan dengan sangat jelas gambaran-gambaran positif tersebut, berikan emosi yang positif, dan biarkan bayangan positif itu direspon oleh pikiran bawah sadar anda, sehingga anda menjadi lebih bergairah dan lebih percaya diri.

Cara berikutnya adalah ubah expresi Anda. Nah expresi ini ternyata dapat dengan mudah meningkan mood serta rasa percaya diri Anda.

Jika anda merasa gugup, gerogi, cemas, dan lainnya, coba buka kamera anda, dan hadapkan kamera tersebut ke wajah anda, berikan senyuman yang lebar, senyuman yang indah, dan  senyuman yang ikhlas, dan lihatlah wajah Anda, lihatlah betapa manisnya senyuman Anda, dan rasakan cerianya senyuman Anda itu, dan lihat apa yang terjadi?
Anda secara tidak langsung akan menjadi lebih ceria dan menjadi lebih bahagia kan?


Cara terakhir adalah ubah posisi Anda. Jika anda sedang duduk, maka berdirilah dan gerak-gerakan tubuh Anda, atau lakukan pemanasan dengan melakukan senam ringan agar tubuh anda tidak kaku.

Nah cara terakhir ini adalah cara yang paling populer yang di ajarkan oleh pembicara terbaik di dunia yaitu Antoni Robin yang dibawa ke Indonesia oleh pembicara terbaik di Indonesia yaitu Tung Desem Waringin, dengan jurus saktinya yaitu "goncang bumi".

Goncang bumi ini dilakukan dengan cara tepuk tangan yang keras, kemudian lompat-lompat, dan ditutup dengan wusshh dengan meneriakkan oooo yeess waww.

Nah cara ini mungkin terlihat aneh, tapi penelitian mengatakan bahwa cara ini adalah terbaik dan terbukti sangat ampuh untuk mengatasi mental block dan telah dibuktikan secara ilmiah.

Karena jika kita melompat-lompat dengan penuh emosi, maka tubuh kita akan merasa panas dan berkeringat, dan jantungpun dapat mengalirkan darah dengan lancar ke seluruh tubuh hingga ke bagian otak, itu mengapa sebabnya cara ini banyak digunakan oleh pembicara-pembicara terbaik di seluruh dunia.

Jika kamu ingin melakukan goncang bumi ini, pastikan kamu melakukannya ditempat yang aman, misalnya di toilet atau di tempat lain yang jauh dari keraiaman, agar kamu dapat melakukannya dengan lebih bersemangat.

Mungkin itu saja yang dapat saya bagikan, semoga Anda dapat mengatasi mental block Anda untuk melakukan apapun dalam hidup Anda termasuk untuk mencapai kesuksesan Anda.

Semoga Anda menjadi pribadi yang lebih percaya diri, lebih semangat, dan lebih positif dari sebelumnya.